Jumat, 11 November 2011

GROUNDING

Grounding Penangkal Petir

Grounding dan Earthing adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris bermakna tempat pelepasan muatan listrik ke bumi, karena bumi merupakan sebuah masa yang sangat besar sehingga bisa menerima muatan listrik seberapapun besar arus dan tegangannya.
Sebuah rangkaian listrik dihubungkan ke grounding dengan berbagai sebab , keamanan perangkat utamanya yakni bila ada kebocoran isolasi yang mengenai bagian bodi peralatan maka arus listrik ini bisa buang ke tanah, induksi elektromaknetis di perangkat elektronik modern akan juga bisa di amankan dengan adanya grounding .
Jadi Grounding adalah sebuah perangkat instalasi yang berfungsi untuk melepaskan arus listrik kedalam bumi, keberadaan Grounding Penangkal Petir juga untuk pelepasan muatan Arus Petir ke bumi .
Secara teknis , bahwa setiap benda logam terbuka (tanpa isolasi) yang ditanam di tanah merupakan grounding , untuk arahnya bisa mendatar atau tegak lurus ( menyesuaikan lokasi) .
Grounding atau pembumian bisa di buat dengan berbagai bentuk :
  • Pertama berbentuk Pasak / Tegak lurus, Yakni batang logam yg di pasang tegak lurus masuk kedalam tanah
  • Kedua berbentuk Mendatar, Yakni batang logam yang di tanam mendatar dengan kedalaman tertentu bisa mengelilingi bangunan membentuk cincin atau cakar ayam.
  • KeTiga berbentuk Plat lempeng. Yakni Plat logam berbentuk lempengan ditanam tegak lurus didalam tanah dan dihungungkan dengan dengan kabel telanjang sampai di permukaan tanah.
Grounding Penangkal Petir
Paralel Grounding
Atau juga keTiga teknik ini di terapkan bersamaan dengan acuan tahanan sebaran yang dihasilkan kurang dari 5 Ohm setelah pengujian menggunakan alat Tester Tahanan Sebaran / Earth Tester Meter .
Bahan yang di pergunakan bisa berbentuk apa saja ( logam ), dengan pertimbangan utama tahan korosif , Jadi apabila suatu daerah yang memiliki kandungan air tanah bergaram /pantai sebaiknya menggunakan bahan Tembaga atau stainlesteel dan bila air tanahnya Tawar maka menggunakan bahan Besi bisa di pakai.

Read more: http://www.antipetir.com/grounding-penangkal-petir#ixzz1dP8Irki3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar